Tips Agar Dapat Melakukan Persalinan Normal

Proses persalinan normal adalah pengalaman yang luar biasa bagi seorang wanita. Membayangkan sakitnya melahirkan hampir dirasakan setiap wanita yang menanti kehadiran sikecil. Oleh karenanya banyak  ibu yang berharap dapat melahirkan dengan mudah.

Persalinan dapat diusahakan berjalan dengan mudah. Sebelum persalinan terjadi, mama bisa melakukan berbagai latihan menjelang persalinan agar tubuh anda siap untuk melahirkan normal.

Sebagian wanita hamil membutuhkan 8 – 10 jam untuk melewati proses melahirkan normal. Dalam rentan waktu tersebut, rasa sakit dan nyeri akan sedikit mengganggu aktivitas ibu. Agar rasa sakit berkurang, ada baiknya anda melakukan latihan menjelang persalinan. Latihan tersebut berguna untuk membuat otot- otot panggul lebih kuat.

Latihan menjelang persalinan yang dilakukan secara teratur sepanjang kehamilan akan membantu menjaga sirkulasi darah sehingga mencegah kram otot.

Pertimbangan Sebelum Melahirkan Normal

Melahirkan, baik secara normal maupun caesar, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda ingin melahirkan secara normal, siapkan diri secara fisik dan mental, serta buat perencanaan yang matang sejak awal. Sebagai faktor pendukung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Pastikan kehamilan tidak mengalami kelainan

    Keadaan kesehatan ibu dan janin harus menjadi pertimbangan utama ketika memilih melahirkan secara normal. Pastikan kehamilan Anda tidak mengalami berbagai kelainan yang telah disebutkan sebelumnya. Untuk mengerti ada atau tidaknya masalah pada kehamilan, disarankan untuk rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memonitor kesehatan dan mengantisipiasi kemungkinan adanya komplikasi.

  • Tetap termotivasi untuk melahirkan normal

    Melahirkan normal membutuhkan motivasi yang kuat. Jadikan diri Anda tetap termotivasi dengan terus mengingat bahwa banyak kelebihan dari melahirkan secara normal. Berbagai kelebihan itu antara lain adalah Anda akan lebih cepat pulih pasca melahirkan, terhindar dari stres dan risiko komplikasi efek pembedahan serta pengaruh obat-obatan, juga biayanya yang lebih murah. Proses melahirkan normal juga memungkinkan Anda untuk langsung menyusui bayi setelah dilahirkan.

  • Pahami risikonya

    Mengalami komplikasi pada persalinan yang dilaksanakan secara normal tetap beresiko ada. Posisi janin sungsang, ibu yang tidak didampingi tenaga ahli, serta persiapan peralatan medis yang kurang memadai sebagai perlengkapan untuk berjaga-jaga bila terjadi keadaan darurat, merupakan beberapa faktor risiko terjadinya komplikasi melahirkan. Risiko komplikasi tersebut antara lain persalinan memanjang (tidak maju), tali pusat menumbung (prolaps), dan bayi terlilit tali pusat.

  • Pahami kondisi saat butuh tindakan medis

    Tips melahirkan normal berikutnya adalah bagaimana Anda harus memahami bahwa kadang-kadang proses persalinan melalui vagina juga membutuhkan tindakan medis, meskipun sebelumnya sudah dipersiapkan dengan matang. Adanya tindakan medis pada persalinan normal yang biasanya dilakukan adalah induksi dan

Menentukan Lokasi Kelahiran

Setelah memutuskan untuk melahirkan normal, tips melahirkan normal selanjutnya adalah memilih rumah sakit atau klinik bersalin. Pertimbangan-pertimbangan yang diperlukan dalam memilih rumah sakit, antara lain:

  • Memilih rumah sakit yang tepat

    Pelajari terlebih dahulu rumah sakit atau klinik bersalin yang Anda inginkan. Perhatikan fasilitas tersebut memiliki tenaga medis yang cukup terlatih dan peralatan medis yang lengkap. Carilah rumah sakit yang mendukung Anda dalam melahirkan secara normal. Jika syarat berikut sudah terpenuhi, Anda yang memiliki risiko dalam melahirkan secara normal pun dapat tetap mencoba metode ini. Pemilihan  rumah sakit yang tepat, jika ada kondisi darurat, dapat cepat tertangani.

  • Cari informasi di sekitar wilayah Anda

    Carilah informasi rumah bersalin di sekitar wilayah tempat tinggal Anda. Klinik bersalin yang dekat akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu tiba saatnya untuk melahirkan. Sebelum saatnya tiba, cari informasi mengenai fasilitas yang disediakan untuk melahirkan normal. Fasilitas tersebut selayaknya dilengkapi dengan adanya tempat tidur yang memadai untuk ibu dan bayi, adanya peralatan medis untuk mengantisipasi kondisi darurat, serta cukupnya tenaga medis untuk membantu proses melahirkan. Cari informasi ini juga bisa disamakan ketika Anda mencari informasi biaya umroh di Navatour dan travel umroh lainnya.

Selain melahirkan di rumah sakit atau klinik, saat ini pilihan untuk melahirkan di rumah kembali populer. Sebelum memutuskan melahirkan di rumah, pastikan kondisi Anda memungkinkan untuk persalinan normal. Selain itu, Anda juga harus tetap ditangani oleh tenaga kesehatan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *