3 Tanda Kehamilan Mudah Diketahui Dengan Kasat Mata

tanda kehamilan

Tanda-tanda kehamilan tentu jadi kabar gembira bagi wanita yang menginginkan keturunan. Dengan datangnya tanda-tanda orang hamil, artinya keluarga terasa semakin lengkap dengan kehadiran buah hati yang dinanti. Namun, ada beberapa pasangan suami isteri yang belum peka terhadap tanda-tanda kehamilan. Terkadang mereka masih bingung membedakan tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) dengan tanda-tanda akan datang menstruasi. Ketidaktahuan ini akan menyebabkan wanitanya masih melakukan aktivitas yang berat atau mengonsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dimakan. Akibatnya, bisa terjadi keguguran (miscarriage).

Maka dari itu ketahuilah 3 tanda tanda kehamilan yang bisa jadi merupakan tanda bahwa wanita sedang hamil (possible signs).

  1. Perubahan bentuk tubuh

Ketika seorang wanita sedang hamil, bukan hanya perut saja yang membesar, tetapi beberapa daerah lain seperti bokong, paha, buah dada serta lengan biasanya akan ikut mengalami pembengkakan hal yang paling signifikan yakni buah dada membengkak dan terkadang merasakan nyeri atau kesemutan. Hal itu adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Buah dada akan terisi dan berubah bentuk karena akan menghasilkan ASI nantinya. Buah dada juga bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Selain membengkak, tanda lainnya adalah perubahan warna di area puting menjadi lebih gelap. Beberapa wanita bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelah terjadinya pembuahan. Namun, menurut ahli laktasi, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB.

  1. Gangguan Perut

Wanita yang sedang hamil akan mengalami sembelit akibat peningkatan hormon progesterone. Selain mengendurkan otot-otot rahim, hormon ini berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Jika memang hamil, wanita akan mengalami kram perut secara teratur sampai kehamilan trimester kedua. Sampai posisi letak uterus berada ditengah dan disangga oleh panggul. Tanda kehamilan juga kerap merasa sering kembung, bisa jadi kamu sedang hamil, penyebabnya adalah perubahan hormone sehingga wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah yg sangat identik dengan kehamilan. Rasa mual terjadi karena peningkatan hormon. Peningkatan hormon ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual di pagi hari, bahkan di siang dan malam hari. Jika kamu benar hamil, rasa mual ini akan hilang ketika memasuki trismester kedua kehamilan.

Baca juga:

  1. Daftar Olahraga Yang Dianjurkan Oleh Ibu Hamil
  2. Daftar Olahraga Terlarang Bagi Ibu Hamil 
  3. Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Testpack
  1. Nyeri Badan

Wanita yang memiliki ciri hamil akan terasa nyeri badan terutama punggung dan kepala. Padahal mungkin sebelumnya tidak pernah mengalami sakit punggung sama sekali. Bisa jadi ini adalah tanda kehamilan. Rasa nyeri di punggung ini akan dirasakan biasanya sampai waktu kelahiran. Begitu juga yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah pusing dan nyeri kepala karena faktor fisik seperti, rasa lelah, mual, lapar yang berlebih serta tekanan darah rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu, peningkatan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat anda banyak bergerak.

Tanda-tanda  atau gejala kehamilan di atas adalah gejala awal yang umum dan semuanya bukanlah tanda pasti. Belum tentu semua wanita hamil mengalami hal tersebut. Untuk memastikannya, periksakan dengan melakukan tes kehamilan ke dokter kandungan atau bidan kepercayaan kamu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *