3 Olahraga Terlarang Bagi Ibu Hamil

olahraga terlarang bagi ibu hamil

Kehamilan merupakan saat paling dinantikan oleh pasangan suami istri yang mengharapkan hadirnya sang bayi. Ibu hamil perlu ekstra hati – hati menjaga kondisi tubuhnya dan janin yang ada dalam kandungannya. Beberapa aktivitas atau kegiatan terlarang dan menjadi pantangan bagi ibu hamil untuk melakukannya salah satunya adalah olahraga berat. Ya memang benar Olahraga memang baik bagi kesehatan, termasuk saat hamil. Olahraga selama hamil membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh ibu hamil, serta memperbaiki mood selama hamil. Selain menjaga kebugaran tubuh Ibu Hamil, olahraga atau aktivitas fisik juga direkomendasikan bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Namun, tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil. Ada beberapa aturan tertentu yang perlu diperhatikan untuk menj aga keamanan sang bayi di dalam kandungan. Ada sejumlah jenis olahraga yang bisa akan meningkatkan risiko cedera, ketegangan, dan komplikasi lain pada ibu hamil.

Berikut contoh latihan/ olahraga yang terlarang dan harus dihindari selama hamil:

Berbaring terlentang

Latihan yang memposisikan tubuh Ibu Hamil terbaring telentang harus dihindari setelah trimester pertama selama kehamilan.

Tidak masalah bila berbaring terlentang selama beberapa menit, tetapi jika terlalu lama dapat mengganggu aliran darah ke janin dan hipotensi atau tekanan darah rendah, akibat kompresi pada vena cava oleh rahim. Hindari pose yoga dengan posisi ini, sit-up, dan kegiatan lain yang mengharuskan kamu berbaring telentang lebih lama.

Mengangkat beban berat

Olahraga ini melibatkan kontraksi otot secara maksimal dan menekan sistem kardiovaskular. Dikhawatirkan, peningkatan detak jantung yang terlalu cepat saat angkat beban bisa berbahaya bagi ibu hamil, juga mengganggu aliran darah yang ada di rahim. Selain itu, mengangkat beban yang terlalu berat juga bisa menyebabkan kerusakan pada sendi dan ligamen. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil menghindari olahraga ini. jika hal ini dilakukan maka akan menimbulkan resiko keguguran.

Sebaiknya ibu hamil tidak memilih olahraga mengangkat beban berat seperti barbel.

Olahraga Air ( Dalam Laut)

Kegiatan fisik di dalam air seperti diving atau pun scuba diving tentu harus dihindari oleh ibu hamil karena perubahan tekanan di dalam air dapat menyebabkan janin cacat lahir dan penyakit dekompresi pada janin.

Beberapa jenis olahraga di atas perlu dihindari selama hamil demi keamanan serta kenyamanan Mama dan Si Buah Hati dalam kandungan. Beberapa jenis olahraga boleh dilakukan asalkan dalam pengawasan dokter dan dengan batasan tertentu. Keamanan jenis olahraga pun bisa tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing ibu hamil. Konsultasikan pada dokter tentang olahraga apa saja yang aman dan tidak aman bagi kesehatan mama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *