3 Jenis Sayuran Yang Dibutuhkan bagi Ibu Hamil

sayuran ibu hamil

Ibu hamil sudah seharus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Karena kandungan makanan akan diserap langsung oleh janin yang dikandung. Saran makanan untuk dikonsumsi ibu hamil tentu adalah makanan sehat seperti sayur dan buah. Makanan yang alami memang memberikan manfaat yang sangat banyak dan tidak berbahaya karena bebas dari pengawet.

Berbagai enis sayuran memang banyak macamnya, dan hampir semua sayuran baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut adalah manfaat dari masing-masing sayur yang dikonsumsi.:

Kentang

Kentang adalah baik untuk ibu hamil karena mengandung vitamin seperti vitamin B6, vitamin C, kalium, zat besi dan beta-karoten. Kandungan antioksidan di tubuh bisa berubah jadi vitamin A karena adanya beta karoten. Vitamin A memiliki peran penting dalam perkembangan mata, tulang dan kulit bayi. Konsumsi kentang secara rutin juga bisa memberi tubuh asupan mineral yang membantu penyerapan zat besi. Berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan bila sering makan kentang saat hamil. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah cacat tabung saraf pada bayi

Kandungan asam folat yang tinggi dalam kentang dapat membantu pertumbuhkan sistem saraf pada janin. Berfungsi  menurunkan risiko cacat lahir yang berkaitan dengan otak dan saraf tulang belakang. Makanan penuh akan asam folat seperti kentang sangat bagus untuk mencegah keguguran di awal masa kehamilan.

  • Menurunkan asam lambung

Kentang sangat bagus bagi anda yang punya masalah maag dan saluran pencernaan. Khususnya ibu hamil yang merasakan naiknya asam lambung selama masa kehamilan. Kentang yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus bisa menurunkan tingkat asam lambung, dan mengurangi risiko GERD atau Heartburn.Makan kentang saat hamil menurunkan risiko cacat lahir pada bayi juga mencegah keguguran.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kentang dapat membantu proses penyembuhan luka dan meningkatkan imunitas. Bahkan, kandungan nutrisi di dalam kentang dapat mendorong kemampuan tubuh menyerap zat besi dari makanan lain.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Pada bagian kulit kentang kaya akan kandungan potasium, yang bisa membantu mengurangi risiko hipertensi dan serangan jantung. Seporsi kentang panggang yang dimakan bersama kulitnya bisa memberikan 962 miligram potasium bermanfaat bagi tubuh ibu.

  • Membantu perkembangan janin

Berbagai nutrisi baik terdapat dalam kentang, seperti vitamin A dan C, magnesium, zat besi, kalsium serta potasium. Semua nutrisi ini penting dalam meningkatkan pertumbuhan kembang janin di dalam rahim.

  • Melawan kolesterol jahat

Kandungan vitamin C dan serat yang larut dalam kentang, bisa membantu tubuh melawan kolesterol jahat. Sehingga ibu hamil makin sehat.

Brokoli

Brokoli banyak mengandung nutrisi seperti vitamin C, K dan folat. Vitamin C pada brokoli berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan memberi asupan mineral untuk tulang.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti pada bayam dan asparagus mengandung kalsium, kalium, serat, folat, dan vitamin A. Zat gizi tersebut sangat penting untuk perkembangan anak selama masa kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *