3 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Calon Buah Hati Sehat

yang harus dilakukan ibu hamil

Hamil bukanlah kondisi yang mudah, meski bisa dialami oleh hampir semua wanita di dunia. Ketika hamil, calon ibu harus bisa menjaga calon bayi yang ada di dalam rahimnya dengan baik. Bilamana hal ini tak bisa dilakukan dengan baik, maka calon bayi bisa mengalami gangguan selama kehamilan atau beresiko calon bayi bisa gugur dan tak bisa melanjutkan kehidupannya di dunia. Guna mengatasi hal mengerikan seperti itu, perhatikanlah beberapa tips menjaga kehamilan di bawah ini!

Inilah 3 Hal Terlarang Bagi Ibu Hamil

1. Hindari Stress dan Emosi

Stres atau kondisi tertekan pada masa kehamilan berpengaruh terhadap janin yang yang dikandungnya. Kehamilan itu sendiri dapat yang mencemaskan ibu hamil maupun keluarganya. Mencemaskan akan adanya komplikasi kesehatan, takut nyeri persalinan, khawatir tentang tanggung jawab tambahan setelah bayi lahir, perubahan fisik ibu hamil dapat membuat stres. Tingkat stres yang tinggi pada wanita hamil dapat mengakibatkan keguguran, lahir prematur, sampai memicu gangguan perkembangan yang dikenal dengan istilah autistik.

Bagaimana stres selama masa kehamilan membuat autistik pada anak? Peneliti melakukan pengamatan lebih dalam kepada sekelompok ibu muda dengan anak penderita autistik. Dari situ diketahui mereka mengalami stres selama hamil.

Menurut penelitian, terdapat gen dikenal dengan nama 5-HTTLPR pada ibu yang mengalami tingkat stres tinggi selama hamil. Gen ini diketahui ikut berperan menyebabkan autistik pada beberapa anak. Autistik merupakan gangguan perkembangan saraf yang membuat penderita sulit berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain.  Para orang tua menyadari anak mereka belum dapa tmulai bicara dan tidak bertingkah laku seperti anak-anak lain seusianya. Autistik dapat dilihat dari beberapa gejala, seperti kesulitan berkomunikasi, interaksi sosial yang terlalu aktif atau pasif, perilaku kompulsif, menyakiti diri sendiri, lebih suka bermain sendiri, dan tidak melakukan kontak mata dengan orang lain.

Para dokter kandungan memberikan saran bagi para ibu hamil untuk menjaga diri, santai, hindari stres selama kehamilan agar melahirkan anak yang sehat.

2. Konsultasi pada Dokter

Jika merasa ada yang janggal di pikiran sebaiknya segera konsultasikan pada dokter daripada diam. Karena pada kehamilan trimester pertama pasti mengalami kendala jika tidak ada orang yang membimbing. Ceritakan pada dokter tentang masalah kehamilan dan cara merawat agar kandungan tidak terganggu.

Bersikaplah terbuka pada dokter sehingga mereka tahu apa masalahnya, dokter akan memberikan solusi terbaik tentunya.

Jika tidak diceritakan dokter tidak tahu nantinya mana yang hwrus dilakukan atau tidak, biasakan bawa ke dokter tentang perubahan yang terjadi selama kehamilan.

3. Mengkonsumsi Buah-buahan

Bukan rahasia lagi bila kebiasaan makan buah sangat baik untuk asupan gizi sehari-hari, termasuk bagi ibu hamil. Bahkan, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa makan buah bisa membuat bayi dalam kandungan lebih cerdas, lho. Penelitian yang dipublikasikan di EbioMedicine ini menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi enam atau tujuh porsi buah setiap hari mencetak enam atau tujuh poin lebih tinggi pada skala IQ tradisional pada usia satu tahun. Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa banyak makan buah saat hamil ternyata dapat membuat bayi dalam kandungan lebih cerdas.

Berikut adalah beberapa manfaat makan saat hamil:

  • Beta karoten untuk perkembangan sel dan jaringan, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh bayi.
  • Vitamin C untuk tulang dan gigi serta kolagen pada jaringan ikat bayi.
  • Kalium untuk mengatur tekanan darah.
  • Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf dan meningkatkan berat lahir yang sehat.
  • Buah memiliki beberapa nutrisi dan fitokimia sangat penting yang berfungsi sebagai makanan otak selama masa pertumbuhan janin dan bayi, sehingga makan buah saat hamil terkait dengan perkembangan IQ dan kognitif bayi.

Itulah tips dan cara menjaga kehamilan trimester pertama pada ibu yang baru mengandung. Jagalah kehamilan agar bayi lahir dengan selamat dan lancar, supaya tetap terjaga dan selalu sehat bagi ibu dan calon bayi nanti, silakan pergi ke dokter langsung untuk menghindari sesuatu yang tidak diketahui. Cintai calon anak kita yang akan membawa kita dalam kehidupan lebih nyata, anak adalah karunia tuhan yang harus dijaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *