3 Efek Samping Konsumsi Tape Singkong Secara Berlebihan

puding tape singkong

Efek samping dari Tape Singkong, – Yang membuat tape ini begitu tampak hebat adalah rasa yang dimilikinya, Tape ada yang asam dan ada juga yang manis. Kalau kalian mau tentang tape ini, maka kalian harus mencoba dulu rasanya dan jadikan ini sebagai satu pengalaman. Selain dimakan begitu saja, tape juga ada yang diolah dengan cara digoreng loh dan biasanya ini disebut tape goreng.

Tape sendiri memiliki sejarah atau asal-usul yang masih belum diketahui secara tepat. Ada pendapat yang mengatakan bahawa tape berasal dari makanan kaum Jawa. Di Jawa, tape dikenali sebagai tape singkong atau tape telo.

Tape bukan saja popular di Indonesia dan di Malaysia, malah di beberapa negeri Asia yang lain banyak yang menyukai tape. Tape dikenali sebagai basi binubran di Filipina, Chao di Kemboja dan chao-mak di Thailand. Apapun nama dari tape itu. yang penting tape telah dijadikan sebagai salah satu makanan unik kaum Melayu. Tape juga sangat sesuai kalau dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

Sangat banyak manfaat dari tape singkong yang memang membuat kita mungkin merasa bahwa ada baiknya sering-sering memakannya. Tetapi seperti kebanyakan makanan, dibalik manfaatnya yang segudang, tentu tetap ada efek samping tape singkong yang perlu diwaspadai. Perlu diingat juga dengan fakta bahwa pembuatan tape memakai ragi, di mana bahaya ragi sendiri juga perlu diwaspadai.

1. Sakit Perut dan Mual

Bukankah khasiat dari tape singkong yaitu meningkatkan fungsi pencernaan? Benar, jika memakannya tidak berlebihan maka manfaatlah yang Anda dapatkan. Tetapi saat Anda mengonsumsi berlebihan, efek alkoholnya bisa saja membuat saluran pencernaan terganggu dan menyebabkan sakit perut.

Kebanyakan, makanan fermentasi akan memicu rasa tak nyaman pada perut karena ada gas yang ditimbulkan dari proses fermentasi tersebut. Setelah makan tape singkong, ada kemungkinan rasa mual bisa terjadi di mana hal ini berisiko tinggi terjadi pada orang-orang yang memiliki gangguan pencernaan pada lambung, seperti asam lambung yang mudah naik yang bahkan terkadang juga menimbulkan rasa ingin muntah.

Baca Juga :

  1. Manfaat Dari Tape Singkong Untuk Tubuh
  2. Cara Makan Buah Plum Yang Benar
  3. Inilah Manfaat & Khasiat Bawang Dayak Untuk Wanita

2. Ulu Hati Terganggu

Khusus para penderita penyakit lambung, mengkonsumsi tape singkong dalam jumlah sedikit ataupun banyak bisa cukup berpengaruh sehingga rasanya ulu hati terasa tak enak, tak nyaman dan bahkan mampu menjadi perih. Karena gas dapat dihasilkan oleh tape singkong, sebaiknya Anda menghindari atau membatasinya jika lambung tak cukup kuat menerimanya.

3. Pusing

Zat alkohol yang masuk ke dalam tubuh akibat mengonsumsi tape singkong terlalu banyak mampu membuat kepala gampang pusing. Alkohol tersebut berasal dari ragi, bilamana masuk ke dalam tubuh secara berlebih akan berdampak buruk bagi pembuluh darah dan mempersempitnya sehingga efek sering sakit kepala bisa terjadi.

Walaupun manfaat dari mengkonsumsi tape singkong cukup banyak, efek-efek samping tape singkong pun harus dikenali dan diwaspadai. Untuk ibu hamil pun dianjurkan agar tidak mengkonsumsinya sampai saatnya melahirkan guna tak berdampak buruk bagi kesehatan sang ibu maupun perkembangan tubuh dan organ janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *